~ Opium, Bunga Cantik yang Mematikan ..


Poppy adalah tumbuhan liar yang dikenal juga dengan nama Opium. Bila bunga-bunga Poppy yang hanya berumur beberapa hari itu sudah menjadi buah yang masak, penuai akan mulai menuainya dengan cara memotong tangkai buah tersebut. Di dalam buah yang kaya kandungan alkaloid tersebut, terdapat butiran-butiran benih kering sebesar kapsul. Benih inilah yang kemudian mulai dipasarkan.
Buah Poppy yang dilukai dengan pisau sadap akan mengeluarkan getah kental berwarna putih. Setelah kering dan berubah warna menjadi cokelat, getah ini dipungut dan dipasarkan sebagai opium mentah.
Opium mentah ini bisa diproses secara sederhana hingga menjadi candu siap. Kalau getah ini diekstrak lagi, akan dihasilkan “morfin“. Morfin yang diekstrak lebih lanjut akan menghasilkan “heroin“. Kalau diolah lagi akan menjadi narkotik murah seperti “sabu“.
Jika seseorang ketagihan, tubuhnya tidak akan mampu lagi menjalankan fungsi-fungsinya tanpa opium. Dia akan merasakan sakit yang luar biasa jika tidak dapat benda ini masuk ke tubuhnya. Kesehatannya akan menurun drastik. Otot-otot si pecandu akan layu, ingatannya lemah dan nafsu makannya menurun. Kedua matanya mengalami sianosis dan berat badannya akan terus menyusut. Si penagih ini akan mati cepat.

Ini apabila getah bunga Poppy di salah gunakan, tetapi jangan tidak tahu, ia sebenarnya banyak digunakan dalam bidang perubatan sebagai ubat untuk menyembuhkan penyakit.

1 comment:

  1. mak, ijinin ane maen ke sini yak?
    o ya, cara nambahin aplikasi kayak yang ada di blog emak ni gimana caranye ye?

    mohon bombingannye. ane blogger baru..

    ReplyDelete